Selasa, 10 Juni 2014

Pengertian WPA dan WPA2



Pengertian WPA dan WPA2




Disusun oleh :
Nama : Muhammad Yasir
NIM : A 1312038









PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK TANAH LAUT
 2013/2014
A.    WPA (Wifi Protected Access)
WPA (Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel.Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. WPA dianggap lebih aman karena sulit ditembus dengan metode sederhana.

WPA terdiri dari :
a.       WPA radiu.
WPA-PSK adalah security yang lebih update dari WEP. WPA-PSK mempunyai decryption yang ada pada WEP. Malah ia menambahkan security yang lebih pada wireless anda. WPA-PSK masih bisa dicrack atau disadap, tetapi mengambil masa lebih lama dari WEP. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).  
 
B.     WPA2 (Wifi Protected Access2)
WPA2 adalah protokol keamanan baru yang dirancang untuk memperbaiki beberapa kerentanan keamanan hadir dalam WPA asli . WPA2 – Personal adalah salah satu dari dua variasi dari protokol WPA2 dan sesuai untuk digunakan dalam pengaturan kelas bisnis atau rumahan; WPA2 -Enterprise juga pilihan , meskipun server otentikasi khusus yang dikenal sebagai RADIUS diperlukan pada jaringan untuk WPA2 -Enterprise berfungsi dengan baik .

WPA2 terdiri dari :
a.       WPA2 radius.
WPA radius lebih aman,dibutuhkan 1 buah server  tambahan  yang bertugas melayani permintaan autentifikasi  yang diberikan oleh server radius.
b.      WPA2 / PSK.
WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.  Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).

Perbedaan utama antara WPA dan WPA2
Jenis enkripsi yang digunakan untuk mengamankan jaringan . WPA menggunakan jenis enkripsi yang dikenal sebagai Temporal Key Integrity Protocol . WPA2 – Personal dapat menggunakan TKIP , tetapi karena kunci keamanan TKIP adalah crackable menggunakan beberapa alat hacking canggih protokol WPA2 terutama menggunakan jenis enkripsi yang dikenal sebagai Advanced Encryption Standard . AES menggunakan algoritma enkripsi yang jauh lebih canggih yang tidak dapat dikalahkan oleh alat-alat yang mengatasi keamanan TKIP , membuatnya menjadi metode enkripsi yang lebih aman .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar